NEWS "Tomcat Juga Bermanfaat"

-->

     Kesehatan : Racun Tomcat Bisa Jadi Obat Kutil
Jakarta, Fajar- serangan tomcat yang marak akhir – akhir ini membuka rahasia khasiat serangga berkaki enam tersebut. Ternyata, racun binatang yang masuk jenis kumbang itu bias dijadikan obat kutil.
                Kepala departemen ilmu kesehatan kulit dan kelamin FK Universitas Indonesia- RSCM Dr Tjut Nurul Alam Jacoeb SpKK menjelaskan, racun tomcat atau yang disebut peaderin memiliki sifat merusak kulit. Gejala kerusakan kulit tersebut antara lain, kulit melepuh seperti terbakar.
                Nah, sifat racun ini menurut Tjut, identik dengan racun chantaridin yang dihasilkan kumbang blister. Selama ini, beberapa dokter kulit, menggunakan obat berbahan dasar racun chantaridin tersebut untuk menyembuhkan kutil. Obat ini dioleskan, beberapa hari kemudian, kutil bias copot.
                Tjut menuturkan, hingga saat ini, populasi kumbang blister banyak terdapat di Eropa. Karena itu, obat yang berbahan racun chantaridin  hingga kini hanya diproduksi di Eropa dan tergolong langka.
                “akibatnya, harganya sangat mahal jika sudah masuk ke Indonesia”, kata dia. Tjut memperkirakan, harga obat dari racun cantharidin  itu mencapai Rp. 1 juta untuk takaran 10 cc.
                Berdasar analisis sementara, selain memiliki sifat yang sama, dua racun tersebut juga berasal dari dua spesies kumbang yang masih kerabat dekat. Tomcat dan blister ternyata berasal dari ordo yang sama. Yaitu ordo Coleoptera. “tomcat dan blister ini henya berbeda family. Ordonya sama, bias jadi racunnya ada kesamaan”, ujarnya.
                Meski muncul dua factor yang menguatkan dugaan racun tomcat bermanfaat layaknya racun kumbang blister, Tjut belum berani menarik kesimpulan yang pasti. Dia meminta ada penelitian lebih mendalam terkait kandungan racun tomcat. “jika memang benar, mahasiswa di sini (UI) bisa membudidayakan  tomcat untuk diambil racunnya”.
                Dia menambahkan, jika memang dua racun ini sama manjurnya dan aman untuk obat kutil, tomcat benar – benar sahabat manusia. Saat ini, sebenarnya tomcat sudah menjadi sahabat petani, karena merupakan predator pemangsa wereng.
                Tjut menerangkan, akibat racun tomcat ini memang mirip dengan penyakit herpes. Akhirnya, ada laporan bahwa petugas medis memberikan obat herpes kepada pasien. “ini salah kaprah, yang untung toko obatnya”, tegasnya
Sumber : Koran FAJAR

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar